Yuk Simak, Tips Memilih Furnitur Terbaik untuk Rumah Anda!

Tidak dipungkiri, pemilihan furnitur sangatlahlah penting dalam dekorasi rumah secara keseluruhan. Namun ibarat jatuh cinta pada pandangan pertama, banyak orang salah memilih furnitur karena hanya tertarik dengan penampilan luarnya. Penting memilih furnitur yang tidak hanya bagus dari sisi presentasi, namun juga harus kuat dari segi material dan konstruksi.

Juga, pilihlah furnitur yang sesuai passion Anda, karena rumah Anda mencerminkan selera Anda tentunya. Nah berikut ini kami akan menyajikan beberapa tips memilih furnitur terbaik untuk rumah Anda, selamat menyimak ya!


· Konstruksi

Karena furnitur kebanyakan berharga mahal dan lumayan berat, maka diperlukan furnitur yang solid, kokoh dan tahan lama. Sebaiknya Anda memilih furnitur yang agak berat, dan hindari furnitur yang terlalu ringan karena biasanya cepat rusaknya.

Untuk pemakaian jangka panjang, sebaiknya jangan gunakan furnitur berbahan aluminum atau triplek, lebih baik pilih furnitur berbahan kayu yang solid. Kayu merupakan material standar pada furnitur-furnitur berkualitas, selain itu furnitur berbahan kayu relatif lebih awet daripada aluminum ataupun triplek.

· Sesuaikan dengan konsep rumah

Sebelum Anda membeli furnitur di mall atau di toko furnitur, sebaiknya Anda memilih furnitur yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Misal nih rumah Anda memiliki konsep klasik, ya Anda harus membeli furnitur yang memiliki nilai klasik didalamnya. Sebaliknya, jika rumah Anda memiliki konsep modern nan minimalis, maka pilih furnitur yang memiliki nilai modern dan simpel.

Tidak ada salahnya jika Anda membeli furnitur yang sangat tradisional, namun pastikan furnitur tersebut tidak mengganggu ambience rumah untuk beberapa tahun ke depan. Jika Anda menyukai brand furnitur tertentu, maka cari yang sesuai dengan konsep rumah Anda.

· Finishing

Tips memilih furnitur terbaik lainnya adalah yang mengenai dengan finishing. Kebanyakan furnitur terbuat dari bahan kayu, oleh karena itu pembeli harus fokus pada finishing-nya. Beberapa produk furnitur memiliki finishing yang sangat buruk, namun harganya sangat mahal.

Anda juga bisa mememilih furnitur berdasarkan finishingnya, misalkan finishingnya berwarna kayu gelap atau tanpa pernis sama sekali. Untuk finishing sebenarnya lebih kepada selera dari pemilik rumah, jadi beli furnitur dengan finishing yang Anda sukai.

· Beli furnitur dasar terlebih dahulu

Anda juga sebaiknya membeli beberapa furnitur dasar seperti lemari, sofa, ataupun kabinet. Setelah semuanya terpenuhi, maka Anda bisa membeli furnitur-furnitur sekunder seperti ayunan ataupun kursi santai.

· Buat perencanaan ruangan

Sebelum Anda membeli furnitur, sebaiknya Anda membuat perencanaan ruangan. Jadi Anda bisa mengetahui furnitur mana yang cocok untuk ditempatkan di ruangan yang Anda tuju. Jangan pernah sepelekan perencanaan ruangan ini, karena bisa menjadi panduan saat Anda membeli furnitur di pasaran. Banyak pemilih rumah yang sembarangan membeli furnitur, sehingga kesulitan dalam menempatkannya di dalam ruangan.