4 Hal yang Harus Diperhatikan Membeli Apartemen Dijual di Jakarta

Hunian vertikal (high-rise) seperti apartemen atau kondominium menjadi sangat populer sebagai lahan investasi menggiurkan. Terutama untuk apartemen-apartemen di Jakarta, dimana banyak orang sering melakukan ‘early booking’ atau memesan sejak awal sebelum apartemen tersebut dilaunching. Karena beberapa faktor, apartemen di Jakarta begitu menjanjikan untuk dijadikan lahan investasi, terutama karena Jakarta merupakan pusat dari segala kegiatan bisnis.

Bahkan pada tahun ini investasi apartemen digadang-gadang bakal mencuat kembali, aktivitas pasar yang kembali membaik membuat pasar apartemen menjadi sangat menjanjikan. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum membeli apartemen dijual di Jakarta, seperti:


1. Lokasi

Sebelum menginvestasikan uang anda untuk apartemen di Jakarta maka perlu diperhatikan mengenai lokasi apartemen itu berada. Lokasi yang strategis merupakan selling point dan dapat dijadikan tolak ukur sebelum berinvestasi apartemen di Jakarta. Apartemen dengan tingkat kestrategisan ideal adalah yang dekat dengan pusat bisnis, akses jalan tol, perkantoran, supermarket, rumah sakit, sekolah dan lain-lain. Banyak orang yang tergiur dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh developer namun setelah mengakuisisinya, harga apartemen menjadi turun karena faktor lokasi yang tidak ideal.

Sebelum menginvestkan dana yang anda miliki ada baiknya juga memperhatikan aspek ‘target market’, dimana anda bisa menganalisa sejauh mana lokasi dari apartemen sesuai dengan market yang anda bidik misal untuk profesional muda, mahasiswa, ekspatriat dan lain-lain.

2. Fasilitas

Faktor lain dalam menentukan layak tidaknya sebuah investasi apartemen adalah fasilitas. Masing-masing apartemen di Jakarta memiliki fasilitas yang berbeda-beda, terutama dalam gimmick marketing masing-masing developer yang menawarkan fasilitas jagoannya pada konsumen. Anda bisa menganalisa aspek fasilitas ini sesuai target market yang anda akan bidik, namun pastikan beberapa fasilitas seperti rumah sakit, keamanan 24 jam, supermarket, sekolah, kolam renang, dan lainnya.

3. Reputasi pengembang

Hal yang mesti diperhatikan sebelum investasi apartemen di Jakarta adalah reputasi pengembang. Anda bisa menganalisa beberapa pengembang di Jakarta yang memiliki track record bagus dalam pembangunan apartemen. Pilihlah yang mempunyai dimensi kepercayaan (trust) yang tinggi dalam hal profesionalitas, integritas dan background.

4. Dana

Seperti kita tahu bahwa Jakarta merupakan sentral dari kegiatan bisnis yang ada di Indonesia dan hal tersebut juga yang membuat harga tanah di Jakarta begitu melambung tinggi. Untuk apartemen sendiri, harga per meter perseginya saat ini hampir merata yaitu Rp 21 juta-an. Jadi bagi anda yang mempunyai plan investasi apartemen di Jakarta maka harus membuat berbagai pertimbangan.

Penting untuk menyesuaikan budget yang dimiliki dengan daftar apartemen incaran yang ada di Jakarta. Disini anda bisa menggunakan insting anda untuk melihat sejauh mana faktor resiko dalam menginvestasikan sejumlah uang untuk apartemen di Jakarta. Perlu diperhatikan juga untuk menyisakan dana Anda untuk pajak dan notaris.

Nah itulah beberapa tips membeli apartemen dijual di Jakarta, semoga dapat membantu Anda yang memang sedang gencar melakukan mencari apartemen di Jakarta untuk ditinggali maupun investasi.